PROFIL

SEJARAH SINGKAT

Sejarah pendidikan Polri tidak lepas dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan Polri itu sendiri. Untuk melihat sejarah berdiri dan berkembangnya pendidikan Polri, banyak melalui perjalanan sejarah yang panjang hingga terbentuknya Kepolisian di Negeri ini, adapun sejarah singkat berdirinya Lemdiklat Polri dimulai dari sejarah pendidikan Polisi dari masa ke masa, sebagai berikut :
*1911
Pemerintah Hindia Belanda membuka pendidikan untuk Agen Polisi (Politie Agent) di Batavia semarang dan Surabaya. Pendidikan Kepolisian ini bertujuan untuk menambah personel polisi di tempat masing-masing
*1914
Pendidikan polisi di semarang dan di Surabaya di hapuskan, kemudian untuk Agen Polisi dan Inspektur Polisi dibuka pula pendidikan untuk Aspirant Commissaris Van Politie (Komisaris Polisi).
*1918
Di Batavia di buka lagi secara lebih teratur pendidikan Aspirant Commissaris Van Politie. Dengan demikian beberapa tingkat pendidikan kepolisian dilaksanakan di Batavia dari tingkat rendah sampai tingkat tinggi.
*1920
Pusat pendidikan kepolisian di Batavia dipindahkan dari jalan Kuini ke jalan Jatibaru. Pendidikan untuk Inspektur Polisi dan Komisaris Polisi diutamakan untuk orang-orang Belanda. Hal ini didasarkan atas pertimbangan jabatan, pangkat-pangkat menengah dan tinggi untuk orang Eropa
*1925
Sekolah Polisi di Bogor dipindahkan ke sukabumi dan di tempat baru dilaksakan Pendidikan Calon Perwira Kepolisian untuk tingkat Komisaris polisi, inspektur Polisi dan HopagenPolisi

VISI DAN MISI

Visi

Menciptakan insan Tribata yang professional, bermoral, modern dan unggul

Misi

  • Membentuk masyarakat umum terpilih untuk menjadi Personel Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui pendidikan Kepolisian
  • Memberi pembekalan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan tugas-tugas Kepolisian kepada seluruh Personel Polri maupun anggota masyarakat dalam pengemban tugas Kamtibmas.
  • Meningkatkan kualitas peserta didik dan penyelnggaraan pendidikan sehingga mampu mengoptimalkan pembentukan kepribadian Polisi yang bermoral agama, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi Kepolisian, mngerti serta memperhatikan kebutuhan masyarakat.
  • Mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan professional kepolisian yang bermutu bagi personel Polri.
  • Meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas Lembaga Pendidikan Polri sehingga mampu menjadi pusat pembudayaan/kulturalsasi kode etik Polri, pusat ilmu pengetahuan dan teknologi.
  1. LEMDIKLAT
  2. SESPIM
  3. STIK PTIK
  4. AKPOL
  5. SETUKPA
  6. DIKLATSUS JATRANS
  7. PUSDIK GASUM
  8. PUSDIK LANTAS
  9. PUSDIK RESERSE
  10. PUSDIK BINMAS
  11. PUSDIK INTELKAM
  12. PUSDIK BRIMOB
  13. PUSDIK POLAIR
  14. PUSDIK SEBASA
  15. PUSDIK MIN
  16. SEPOLWAN
  17. SPN
  1. PENDIDIKAN PEMBENTUKAN
  2. PENDIDIKAN PENGEMBANGAN